Inhesty Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Momen Hari Kesehatan Nasional

0
161

Channelindonesia.id – Pemeriksaan kesehatan gratis dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dilaksanakan Komunitas Kesehatan Makassar (Inhesty) pada Minggu, 13 November 2022, di Jalan Boulevard, Kota Makassar saat Car Free Day.

Kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi Inhesty dengan Relawan Akhirat Indonesia, PMI Kota Makassar, Volunteer PMII komisariat Mega Rezky serta volunteer dari berbagai jurusan.

Hari Kesehatan Nasional kali ini mengusung tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”.

Tujuan diadakannya pemeriksaan kesehatan gratis ini yaitu untuk memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional dengan harapan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar terhindar dari penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, hiperkolesterolemia, hipereusemia, dan lain-lain.

Selain itu, pihak Inhesty juga berharap lewat pemeriksaan kesehatan gratis ini masyarakat dapat melakukan tindakan pencegahan penyakit sedini mungkin. Adapun sasaran pemeriksaan kesehatan ini untuk seluruh warga tanpa ada batasan usia.

“Saya berharap, Hari Kesehatan Nasional kali ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dalam kehidupan kita,” harap Risfayani selaku Koordinator Kegiatan.

Pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan yakni pemeriksaan tanda-tanda vital (tekanan darah, suhu, nadi, spO2), pemeriksaan lab (asam urat, gula darah, dan kolesterol), pelayanan fisioterapi, cek golongan darah dan donor darah.

Alat-alat pemeriksaan kesehatan dan pelayanan fisioterapi disediakan oleh pihak Inhesty, adapun untuk cek golongan darah disediakan oleh volunteer dari PMII Komisariat Mega Rezky dan untuk donor darah disediakan oleh Relawan Akhirat Indonesia (RAI) yang bekerjasama dengan PMI Kota Makassar.

Alur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan itu dimulai dari registrasi, cek tanda-tanda vital, anamnesis, kemudian selanjutnya diarahkan ke pemeriksaan lab (gula darah/asam urat/kolesterol).

Sementara untuk pelayanan fisioterapi dimulai dari registrasi, vital sign, lalu diberikan intervensi, untuk cek golongan darah itu langsung diambil alih oleh volunteer PMII Komisariat Mega Rezky dan untuk donor darah juga diambil alih oleh PMI Kota Makassar dan Relawan Akhirat Indonesia (RAI).

Warga sangat antusias karena biasanya pemeriksaan kesehatan seperti ini mereka dapatkan di pelayanan kesehatan yang berbayar.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan oleh Inhesty dan teman-teman organisasi serta volunteer tentunya sangat menarik perhatian warga untuk memeriksakan kesehatannya.

Saking antusiasnya dengan kegiatan ini, masyarakat banyak yang tidak dapat tempat duduk dan harus berdiri menunggu antriannya untuk periksaan kesehatan.

“Sebelum terapi itu, saya sering sakit bagian pinggang setelah tadi di terapi, pinggang saya sudah terasa lebih ringan dan enak ketika angkat beban, alhamdulillah,” ucap salah satu warga yang menjalani pemeriksaan fisioterapi. (Rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini