Jusuf Kalla Apresiasi Panitia HUT KKSS ke-46

0
178

Channelindonesia.id – Malam Puncak HUT KKSS ke-46 dirayakan bersama sekitar seribuan warga KKSS di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Sabtu malam, 12 November 2022 berbarengan dengan hari lahir KKSS yang didirikan di Jakarta pada 12 November 1976.

Ketua Panitia Sri Asri Wulandari melaporkan resepsi HUT ke-46 KKSS merupakan rangkaian kesepuluh dari 12 gelaran, mulai perlombaan menyanyi solo dan grup, simfoni kecapi, senam kreasi KKSS, fashion show, futsal, bazar, senam massal, Pertemuan Cendekiawan Bugis Makassar, dan donor darah.

“Pemuncak acara open turnamen golf di lapangan golf Senayan,” kata Sri.

Pagi ini, Minggu 13 November 2022, Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna bersama Ketua Dewan Kehormatan KKSS Jusuf Kalla dan Ketua Dewan Penasehat Aksa Mahmud beserta 120 pegolf lainnya tengah merumput hingga siang di Lapangan Golf Senayan. Pemenang hole in one akan mendapatkan hadiah sebuah mobil sedan.

HUT KKSS sendiri ditandai dengan pemotongan kaddo minnyak oleh Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Kehormatan dan didampingi Aksa Mahmud, Ketua Dewan Pakar Jafar Hafsah, Muchlis Patahna, Ketua Panitia Sri Asri Wulandari bersama pemuka KKSS lainnya.

Turut hadir, Direktur Utama PT. Indah Karya (Persero) Sapri Pamulu dan Direktur Utama PT. PT. BRI Asuransi Indonesia (BRINS) Fankar Umran. Acara ini juga dilangsungkan secara live streaming yang diikuti oleh warga KKSS di mancanegara.

Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi pentas seni budaya yang disajikan panitia.

“Tidak seperti biasanya, kali ini pertunjukan kesenian sungguh meriah dan berbeda seperti selama ini,” puji Jusuf Kalla dalam sambutan singkatnya.

JK yang langsung datang dari Surabaya mengajak KKSS untuk lebih meningkatkan fungsi organisasi antara lain lewat pemberdayaan warganya untuk saling membantu dengan membangun sinergi.

Selain silaturahmi, kata JK, KKSS perlu mendata warga dan selanjutnya meningkatkan kapasitas diri di tengah kesulitan ekonomi saat ini.

“Adakan pelatihan riil. Pengusaha bisa berbagi pengalaman, dan KKSS misalnya dapat menjadi penghubung antara UMKM dengan perbankan. Jadi KKSS berfungsi membantu warganya yang kesulitan,” ucap JK.

Sementara itu, Muchlis menguraikan perjalanan KKSS yang dimulai 46 tahun lalu oleh deklarasi 27 pendirinya di mana 26 orang di antaranya sudah wafat.

Menurut Muchlis, tantangan KKSS ke depan adalah bagaimana organisasi dapat menata dan sukses mendukung warganya dalam berbagai aspek kehidupan.

“KKSS pelru menata dan menyesuaikan diri dengan perubahan tanpa menghilangkan tujuan mulia dari para pendiri KKSS,” katanya seraya menyontohkan perlu program-prorgam yang esensial dan konkret buat warga.

Sebagaimana tajuk Gammara Malam Puncak Perayaan HUT KKSS Ke 46, pementasan kesenian berupa lagu, pergelaran busana, dan tarian dengan tata panggung yang apik termasuk landas peraga (catwalk) yang membelah ruang, menampilkan tontonan yang menghibur.

Para juara lomba menyanyi membawakan lagu Indo Logo dengan teknik akapella, berhasil mengusung lagu daerah Bugis ini menjadi sesuatu yang istimewa. Di lain pihak, sejumlah nomor tarian menyuguhkan kekayaan gerak, ritme dan komposisi yang ciamik dengan tingkahan lagu-lagu daerah Bugis Makassar dan Toraja.

Tak mau kalah, para model ‘dadakan’ mampu memperagakan berbagai motif busana wastra Sulawesi Selatan yang mengundang decak kagum penonton. Segenap potensi ini, kata sejumlah warga KKSS dari berbagai daerah perlu terus dikembangkan.

Sementara pegiat seni Jamal Gentayangan, menyarankan agar potensi seni budaya perlu terus dibina oleh BPP KKSS sebagai lanjutan dari pergelaran seni budaya ini.

Pada sesi terakhir, diserahkan hadiah dan uang pembinaan bagi pemenang lomba oleh para Wakil Ketua KKSS, Sekjen KKSS, Ketua Pilar, Badan Otonom dan sejumlah Ketua BPW.

“Dirgahayu KKSS ke-46, salut dan apresiasi kepada panitia HUT yang bekerja luar biasa dalam menggelar berbagai kegiatan dari tanggal 1 sampai 13 November hari ini,” ujar Sapri Pamulu, Dirut BUMN yang juga Ketum Perkumpulan Wija Raja LA Patau Matanna Tikka (PERWIRA LPMT) ini. (Rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini