Sambut Nataru 2023, Ini Tips Mengatur Keuangan Agar Tak Habis di Penghujung Tahun

0
92
Sumber gambar: suara.com

Channelindonesia.id – Natal dan tahun baru (Nataru) menjadi momen menyenangkan yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh berbagai negara.

Khususnya Indonesia, Nataru ini biasanya dijadikan sebagai momen untuk berlibur dan berbelanja karena banyaknya diskon yang dihadirkan, baik di pusat perbelanjaan ataupun tiket liburan.

Tak jarang, momen tersebut juga yang menghabiskan banyak sekali tabungan yang telah disimpan selama setahun terakhir, karena tergiur dengan diskon yang ditawarkan.

Dilansir dari finance.detik.com, ini 4 cara atau tips mengatur keuangan di malam Nataru agar keuangan tetap teratur.

  1. Buat Anggaran
    Agar uang tidak terbuang sia-sia, seharusnya anda membuat catatan detail terkait aoa yang harus dibeli pada saat liburan Nataru.

Paling tidak membuat catatan prediksi anggaran yang akan dikeluarkan, seperti biaya untuk transportasi, makan dan minum, liburan, hiburan, serta lain sebagainya.

Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa mengalokasikan dana anda dengan teratur dan tidak kaget apabila pengeluarannya over budget, soalnya telah diprediksikan sebelumnya.

  1. Hindari Menggunakan Dana Darurat
    Liburan Nataru biasanya dihadiri oleh keluarga, rekan, ataupun para sahabat agar bisa healing dan bersenang-senang yang membuat anda biasanya lupa hingga menggunakan dana darurat.

Jadi, jangan sampai anda tergoda untuk menggunakan dana darurat yang telah ditabung untuk keperluan yang lebih mendesak.

  1. Detailkan Setiap Pengeluaran
    Selain membuat catatan rencana pengeluaran, anda juga harus membuat catatan hasil dari pengeluaran pada malam Nataru tersebut.

Hal ini bertujuan agar anda bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang dikeluarkan dan tidak membuat anda bingung dilarikan kemana budget yang telah dikeluarkan.

  1. Amankan Uang Secara Cermat
    Agar bisa lebih mudah dan aman, ada baiknya menyimpan uang secara digital atau melakukan transaksi digital melalui smartphone.

Hal ini bertujuan agar anda juga bisa mengecek pengeluaran dengan lebih mudah dan gampang, karena telah tercatat di riwayat pengeluaran yang ada di smartphone.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menyambut Nataru 2023, agar dompet tidak tipis pada saat selesainya momen menyenangkan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini