Agar Memudahkan Proses Sosialisasi, Gerindra Tetap Gunakan Nomor Urut Lama

0
104
Sumber gambar: kompas.com

Channelindonesia.idBanyak partai yang tetap menggunakan nomor urut sama dengan yang dulu, tak terkecuali Partai Gerindra untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Dilansir dari jambi.antaranews.com, menurut Sufmi Dasco Ahmad selaku Ketua Harian DPP Partai Gerindra yang mengatakan tetap menggunakan nomor urut 2, sama seperti Pemilu sebelumnya.

“Rata-rata partai politik yang lolos ke Senayan, termasuk Partai Gerindra menggunakan nomor urut parpol lama (yang digunakan di Pemilu 2019),” kata Dasco, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Bukannya tanpa alasan, Gerindra menggunakan nomor urut lama dengan tujuan agar memudahkannya dalam melakukan sosialisasi terhadap masyarakat.

Tak hanya itu, hal ini juga berfungsi agar memudahkan Gerindra dalam membuat ataupun menggunakan atribut partai pada saat kampanye.

Sebelumnya, Joko Widodo telah menerbitkan Perppu Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Didalamnya, Perppu ini salah satunya memuat perubahan materi yang ada di Pasal 179 ayat 3 tentang nomor urut partai politik yang memenuhi ketentuan ambang batas perolehan suara secara nasional untuk pemilu anggota DPR pada 2019 dan telah ditetapkan sebagai peserta pemilu.

Berarti, Partai politik tersebut bisa menggunakan nomor urut yang lama atau bisa mengikuti pemilihan nomor urut Partai secara undi yang dilakukan pada sidang pleno terbuka KPU.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini