FH Unhas dan Bupati Luwu Timur Teken MoU Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

0
83

Channelindonesia.id – Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P., dan Bupati Luwu Timur Drs. H. Budiman, M.Pd., melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi di Hotel Mireya Sorowako, Luwu Timur, pada Selasa 27 Desember 2022.

Pada pertemuan ini, Dekan didampingi Wakil Dekan Bid. Sumber Daya, Keuangan dan Alumni Prof. Dr. Iin Karita, S.H., M.H, Laode M. Syarif, S.H., LL.M., Ph.D selaku Keynote Speaker, Prof. Dr. Syamsuddin Muhammad Noor, Sm.H., M.H (inisiator kegiatan), Prof. Dr. Juajir Sumardi, S.H., M.H., Dr. Aidir Amin Daud, S.H., M.H., Dr. Birkah Latif, S.H., M.H., LL.M., Dr. Andi Tenri Famauri Rifai, S.H., M.H., Dr. Andi Syahwiah A. Sapidin, S.H., M.H., Dr. Kadaruddin, S.H., M.H selaku penanggungjawab kegiatan, Dr. Tri Fenny, S.H., M.H., Rastiawaty, S.H., M.H., Muhammad Djaelani, S.H., M.H dan 2 (dua) mahasiswa FH Unhas, Nurul Habaib dan Rifli Mubarak.

Dari pihak Luwu Timur, selain Bupati, turut hadir Sekretaris Daerah, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur, seluruh perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Luwu Timur. Selain itu, hadir pula perwakilan PT. Vale Indonesia, Tbk. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta, baik secara luring dan secara daring.

Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P., menyampaikan bahwa FH Unhas memiliki 5 prodi, 8 departemen, melalui SDM dengan Guru Besar yang cukup banyak, bahkan dikatakan pemilik Guru Besar terbanyak dari semua Fakultas Hukum yang ada di Indonesia saat ini, yakni 35 Guru Besar.

“Tentunya hal ini sejalan dengan kompetensi dan pengalaman yang beragam serta mumpuni. Potensi inilah yang akan dioptimalkan dalam penerapan PKS,” tambahnya.

Perjanjian kerjasama hari ini sangatlah penting karena berkaitan dengan bidang Pendidikan hingga Pengabdian kepada masyarakat, melalui seminar Internasional dengan tema “Business and Human Right: Mining in Indonesia”.

“Relasi bisnis dengan HAM di internal perusahaan berkaitan dengan pekerja, produk, dan rantai pasok, bahkan dalam beberapa isu pekerja, tidak hanya yang terikat langsung dengan perusahaan, namun terkait pula dengan sector keluarga dari pekerja,” ujar Prof Hamzah Halim.

“Bisnis dan HAM juga menyentuh isu lingkungan, yaitu pelaksanaan tanggung jawab terhadap lingkungan yang dilakukan oleh sektor bisnis dengan berkontribusi melalui pengadopsian kebijakan berkelanjutan dan menerapkannya ke dalam praktik bisnis perusahaan,” sambung Dekan Fakultas Hukum Unhas.

Bisnis yang mengabaikan HAM akan berdampak sangat buruk bagi masyarakat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Bagi bisnis itu sendiri, pengabaikan HAM turut berpengaruh besar terhadap keberlanjutan bisnis maupun penerimaan pasar global.

P”enerapan program-program CSR PT Vale Indonesia Tbk., tersebar pada diberbagai aktivitas utama seperti bantuan ekonomi terhadap masyarakat, pembangunan irigasi sebagai upaya revitalisasi lingkungan dan kemandirian masyarakat secara signifikan yang mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ke depannya, pembukaan kelas bersama akan diadakan dengan sistem blended learning yang membuat segalanya menjadi fleksibel, melalui gagasan 1 desa 1 mahasiswa untuk kuliah di Fakultas Hukum.

Selanjutnya di bidang pengabdian, akan diadakan kerjasama bina desa. Terakhir, kerjasama juga dapat dilakukan secara Bersama dengan institusi penegak hukum di Luwu Timur.

Oleh karena itu, di era kolaboratif, saling sinergi dan tumbuh bersama ini, maka berpikir dan bekerja bahu-membahu harus dilakukan. Hal inilah yang menjadi peluang untuk di konkritkan.

“Pada hari ini, niat suci bekerjasama melalui Institusi masing-masing semoga diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa serta atas perjuangan baginda Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.

Kontributor : M. Aris Munandar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini