Gelar Seminar Proposal Tahap I, Koops D4 Teknik Listrik PNUP : Semoga Bisa Diterapkan di Masyarakat

0
125

Channelindonesia.id – Program Studi D4 Teknik Listrik Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar kegiatan Seminar Proposal Tugas Akhir Tahap I bagi Mahasiswa Kelas Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Seminar Proposal Tugas Akhir ini diperuntukkan untuk mahasiswa Kelas RPL yang kuliah secara online.

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari di Gedung Jurusan Teknik Elektro Lantai 1, Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang, Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Kota Makassar pada Senin, 26 Desember 2022 – Selasa, 27 Desember 2022.

Turut hadir dalam kegiatan itu di antaranya yakni Ahmad Rosyid Idris, selaku Koordinator Program Studi D4 Teknik Listrik Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), dan beberapa dosen pengarah dan dosen penguji.

Ahmad Rosyid Idris selaku Koordinator Program Studi D4 Teknik Listrik Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengatakan bahwa dia sangat berharap atas terselenggaranya Seminar Proposal tersebut yang diikuti sebanyak 24 mahasiswa.

“Penelitian dari mahasiswa alih jenjang kelas online ini sangat berbobot dan ada beberapa berpotensi untuk dipatenkan dan bisa diterapkan di tempat kerjanya masing-masing karena judul yang diajukan merupakan permasalahan yang diangkat dari tempat kerjanya. Harapannya kolaborasi antara mahasiswa dan arahan dari dosen pembimbing yang merupakan ahli di bidangnya dapat menghasilkan karya yang tepat guna dan bisa diterapkan langsung di masyarakat,” ujar Ahmad Rosyid Idris selaku Koordinator Program Studi D4 Teknik Listrik Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Program Studi D4 Teknik Listrik Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) tahun ini menerima 5 kelas RPL yang pesertanya berasal dari alumni program Diploma 3 dan sebagiannya telah bekerja di beberapa perusahaan antara lain PT. PLN (Persero), PT. ANTAM Tbk dan Gojek.

“Saya termasuk salah satu mahasiswa D4 teknik listrik yang mengikuti ujian sempro pada hari senin tanggal 26 Desember kemarin. Saya sangat antusias karena pada akhirnya saya bisa melaksanakan sempro sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan juga saya sangat apresiasi terhadap pembimbing dan penguji yang berkenan hadir meskipun kondisi cuaca di Makassar yang kurang bersahabat. Saya sangat bersyukur pelaksaan sempro kemarin berjalan dengan lancar dan saya mendapat hasil yg memuaskan. Untuk ke depannya besar harapan saya untuk bisa menyelesaikan penelitian saya tentang keandalan sistem distribusi 20KV yang saya laksanakan di PLN ULP Palopo Kota sehingga nantinya bisa segera mengikuti sidang tepat pada waktunya. Dalam penelitian ini saya sangat membutuhkan arahan dan masukan dari pembimbing untuk menyempurnakan penelitian saya,” ujar Kadek Pasek Mahasiswa RPL yang saat ini bertugas di PT. PLN ULP, Kota Palopo.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembacaan hasil Seminar Proposal Tugas Akhir oleh Ketua Penguji masing-masing mahasiswa dan foto bersama dosen pengarah dan dosen penguji.

Kontributor : Muh Imran Bachtiar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini