Hasil Pengamatan Gunung Semeru, PPGA Ungkap Terjadi 29 Letusan Selama Enam Jam

0
98
Sumber: liputan6.com

Channelindonesia.id – Letusan Gunung Semeru masih menghasilkan awan panas guguran yang memiliki amplitudo 25 mm dengan periode 386 detik.

Dilansir dari jatim.antaranews.com, Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru Mukdas Sofian melaporkan bahwa hari ini aktivitas Gunung Semeru pukul 00.00-p6.00 WIB telah mengalami 29 kali letusan dalam 6 jam terakhir.

“Hasil pengamatan kegempaan hari ini selama enam jam, Gunung Semeru juga mengalami 29 kali letusan atau erupsi dengan amplitudo 11-22 mm dan lama gempa 65-120 detik,” tutur Mukdas Sofian, Senin (05/12/2022).

Selain itu, Gunung Semeru juga dikabarkan telah mengalami enam kali gempa guguran dengan amplitudo 1-8 mm dengan durasi 50-140 detik yang menghasilkan satu kali gempa vulkanik dalam serta gempa tektonik jauh.

“Pengamatan visual, Gunung Semeru terlihat jelas, teramati asap kawah putih dengan intensitas tipis hingga sedang yang tingginya mencapai 500 meter dari puncak, kemudian angin lemah ke arah barat daya,” ungkapnya.

Gunung Semeru juga telah mengalami kenaikan status, awalnya Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas), sehingga masyarakat harus mematuhi rekomendasi yang diberikan.

Dia juga berharap agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di bagian tenggara, lebih tepatnya di Besuk Kobokan yang sejauh 13 km dari pusat erupsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini