Prodi D3 Teknik Gigi Unimerz Teken MoA dengan Psikologi Universitas Mandala Waluya Kendari

0
69

ChannelIndonesia.id, – Program Studi D3 Teknik Gigi Fakultas Teknologi Kesehatan Universitas Megarezky (Unimerz) melakukan penandatanganan kerjasama (MoA) dengan program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Bisnis Universitas Mandala Waluya Kendari, Senin (19/12/2022).

Adapun isi dari perjanjian kerjasama antar kedua prodi tersebut yakni terkait pelaksanaan Program Tridharma perguruan tinggi.

Saat ditemui di lokasi MoA, Dr. Andi Asri, SKM, M.Kes selaku Ketua Program Studi Psikologi Universitas Mandala Waluya menuturkan, bahwa tujuan dari kunjungannya tersebut ke Universitas Megarezky yakni adalah hendak melakukan MoA dengan prodi Teknik Gigi.

“Kehadiran kami dalam rangka penjajakan kerjasama. Kami tertarik dengan inovasi promosi kampus yang dilaksanakan oleh Prodi Teknik Gigi Universitas Megarezky untuk penerimaan mahasiswa baru,” ujarnya.

“Jadi insya Allah kami akan implementasikan di tahun 2023 mendatang. Adapun butir-butir kerjasama yang telah kami bicarakan tadi itu mulai dari penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat. Selain itu, nanti akan ada fase tukar menukar pengajar, pengabdian bersama dan penelitian bersama,” imbuhnya.

Selain itu, ia pun berharap agar seluruh rencana program yang akan kami implementasikan di tahun 2023 nanti bisa berjalan dengan baik.

“Harapan kami, rencana program bisa terimplementasi dengan baik di tahun depan. Dan kami juga akan lakukan evaluasi setiap tahun sekali, untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami selama MoA,” harapnya.

Sementara itu, M. Syukri Siradjuddin, S.Ps, MA menuturkan bahwa meskipun psikologi dan Teknik Gigi dinilai tidak sinkron, tetapi kedua ilmu tersebut memiliki aspek pembelajaran yang sama yakni manusia.

“Keduanya hampir tidak memiliki korelasi, tetapi Kami tetap bertemu pada satu aspek yaitu sama-sama belajar terkait manusia. Psikologi kan cakupannya cukup luas mencakup emosi dan perilaku. Misalnya kalau dalam bidang penelitian kita bisa mengekspor bagaimana tingkat efikasi seseorang ketika giginya rusak atau bagaimana gambaran dari seorang remaja ketika giginya rusak atau rapi,” jelasnya.

Terakhir, Dr. Umat Dg Palallo, SKM, M.Kes selaku Ketua Prodi D3 Teknik Gigi Unimerz berharap agar seluruh rencana program dapat terimplementasi dengan baik.

“Harapan kami tentunya implementasi atau kelanjutan dari MoA. Hari ini kita sudah membahas beberapa program moa kemungkinan besar akan ada tambahan nantinya untuk rencana kerjasamanya. Dan yang terpenting datangnya duta Prodi Psikologi dan dari Universitas Mandala Kendari merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bahwa kita menjadi tujuan dari sekian banyak Prodi yang ada di Unimerz,” kuncinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini