Resmi Dilantik Usai Sertijab Panglima TNI, Berikut Biografi Yudo Margono

0
103
Sumber gambar: CNN Indonesia

Channelindonesia.id – Yudo Margono menjabat sebagai Panglima TNI yang secara resmi dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022).

Dilansir melalui laman CNN Indonesia, Jenderal Andika Perkasa resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Laksamana Yudo Margono pada saat upacara serah terima yang dilakukan dengan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Panji TNI Tri Dharma Eka Karma dan penandatanganan naskah serah terima jabatan dari Andika kepada Yudo.

Upacara yang dilakukan setelah Yudo dilantik oleh presiden Joko Widodo pada senin kemarin (19/12/2022).

Berikut biografi singkat Yudo Margono sebelum dilantik menjadi Panglima TNI dilansir dari CCN Indonesia :

Yudo adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Pada awal karier, Yudo bergabung dengan KRI YNS dengan menjabat Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal. Berbagai penugasan di kapal perang RI dan sejumlah jenjang pendidikan militer telah dijalani Yudo.

Pada 2015, ia mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Lantamal I Belawan dengan pangkat bintang di pundak pecah jadi Laksamana Pertama.

Setahun kemudian mendapat kepercayaan jabatan sebagai Kepala Staf Koarmabar. Selanjutnya ia mendapat promosi jabatan Laksamana Muda sebagai Pangkolinlamil (2017-2018) dan Pangkoarmabar pada 2018.

Di tahun itu, terjadi validasi organisasi perubahan nama Armada TNI AL menjadi armada bernomor dan Pangkoarmada I diberikan kepercayaan kepada Laksda Yudo Margono. Setelahnya ia menjabat sebagai Pangkogabwilhan I dengan pangkat Bintang tiga (Laksamana Madya).

Setahun menjabat sebagai Pangkogabwilhan I, Yudo kemudian dilantik Presiden Joko Widodo menjadi KSAL pada 2020 hingga sebelum dipilih jadi Panglima TNI.

Penulis : Sri Nabila Safnas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini