Tinjau Kondisi Pasar Sentral Usai Terbakar, Wali Kota Makassar Janji akan Beri Bantuan Materil

0
97

ChannelIndonesia.id, – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto bersama dengan tim turun langsung melihat kondisi terkini pasca kebakaran Pasar Sentral Makassar, Rabu, (28/12/2022).

Pada kunjungan tersebut, Danny Pomanto (DP) memastikan, Pemerintah Kota Makassar akan memberikan dukungan kepada pedagang yang terdampak pada peristiwa tersebut.

“Pemerintah kota tidak akan menyia-nyiakan pedagang, Insya Allah sebelum bulan puasa ini mereka sudah berdagang kembali,” ungkap Danny. 

Ia berjanji Pemerintah Kota Makassar akan memberikan bantuan materil kepada pedagang yang lodsnya terbakar pada insiden itu.

“Kita tidak biarkan pedagang inisiasi sendiri, kita akan memberikan bantuan setengahnya. Kita bisa cek di PU ada biaya yang bisa untuk diperuntukkan material bagi mereka,” tegas DP.

Lebih lanjut Danny Pomanto menuturkan sistem keamanan pasar sentral harus ditingkatkan.

“Kejadian yang berulang-ulang seperti ini harus menjadi pelajaran untuk kita. Sistem keamanan pasar harus menjadi bagian penting dan terutama,” pungkasnya.

Senada, Direktur Utama Perumda Pasar Makassar, Ichsan Abduh Hussein mengatakan, pihaknya akan segera melakukan revitalisasi pasar yang terbakar.

“Dengan adanya kondisi seperti ini kita usahakan untuk mempercepat penanganan agar status pedagang bisa menjadi pedagang yang tidak sementara lagi dan kita segera berpikir untuk melakukan revitalisasi,” terangnya.

Sementara itu, ditaksir akibat kejadian tersebut pedagang mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.

“Adapun kerugiannya diprediksi sekitar 60-70 Milyar, karena mereka banyak stok untuk bulan ramadha,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima, Hj. Hasnia mengatakan, akibat kebakaran di Pasar Sentral Makassar, tak sedikit pedagang yang terlilit hutang.

“Kalau pedagang sendiri, sekarang banyak sekali hutang karena mengingat mau masuk tahun baru dan bulan puasa jadi banyak sekali barang yang masuk,” terangnya.

“Saya sendiri memiliki 3 kios 1 kios jualan kosmetik dan 2 kios jualan gamis dan semuanya habis terbakar 95% hanya 5% yang dapat diselamatkan,” keluhnya.

Untuk diketahui, Pasar Sentral Makassar kembali terbakar, Selasa, 27 Desember 2022 malam tadi. Akibat kejadian tersebut sebanyak 931 lods pedagang rata dengan tanah. 

Diketahui, titik pusat kebakaran terjadi di Blok B Pasar Sentral Makassar pukul 19:00 WITA.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini