Universitas Kristen Indonesia Paulus Gelar Stadium General untuk Mahasiswa RPL

0
91

ChannelIndonesia.id, – Kampus Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Makassar menggelar stadium general secara daring untuk mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) semester Gasal 2022/2023, Sabtu (17/12/2022).

Rektor UKI Paulus Makassar, Prof Agus Salim membuka secara resmi stadium general yang diikuti ratusan mahasiswa RPL S1 dan pasaca sarjana S2. Dalam sambutannya Rektor Prof Agus menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia program RPL sehingga proses pendaftaran hingga proses assesmen berjalan dengan baik sehingga memulai perkuliahan ini.

“Kami bersyukur jika kegiatan stadium general ini bisa mulai, dan selamat juga kepada seluruh mahasiswa jalur program RPL yang dinyatakan lulus dan resmi menjadi mahasiswa di Kampus UKI Paulus ini, berharap program ini berjalan dengan baik dan menjalani perkuliahan juga dengan baik,” ucap Prof Agus Salim.

Prof Agus mengatakan kampus UKI Paulus ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terpilih mendapat kesempatan membuka jalur RPL melalui 9 Prodi yaitu 7 prodi S1 dan 2 Prodi S2.

“Hal ini kami sampaikan jika jalur RPL ini mudah, tetapi bukan berarti tanpa kualitas untuk memperoleh ijazah, namun merupakan pilihan terbaik bagi yang berstatus bekerja untuk mengambil program RPL S1 maupun S2. Tidak hanya itu hal lain bagi yang bekerja jika pengalaman kerja mereka baik formal maupun non formal, ditransfer pada konversi nilai SKS mata kuliah sehingga mahasiswa tidak perlu mengambil seluruh mata kuliah yang ditawarkan prodi,” lanjut Prof Agus Salim.

Sementara itu, Prof Yoel Pasae yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik menyampaikan proses akademik bagi mahasiswa program RPL S1 dan S2. Ia menjelaskan jika semua mahasiswa yang mengikuti Stadium General ini diundang karena telah melalui proses pendaftaran, hingga assement oleh para asesor dari masing-masing prodi mereka.

“Para mahasiswa program RPL ini perlu saya jelaskan mereka-mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja, dan pengalaman belajar. Hasil asesmen terhadap pengalaman tersebut telah ditentukan jumlah mata kuliah dan jumlah sks yang dinyatakan lulus. Semua sudah ada nilainya setelah di assesmen dari pihak kampus, semua calon mahasiswa tersebut juga telah menyertakan dokumen sebagai bukti dari pengalamannya dan sudah melalui tahapan asessmen tentunya,” ujar Prof Yoel yang juga Ketua Program RPL.

Lanjut Prof Yoel jika program RPL ini merupakan pengakuan Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, informal dan/atau pengalaman kerja untuk melanjutkan ke pendidikan formal jenjang Sarjana (S1) dan Magister (S2).

Hadir dalam stadium general program RPL 2022/2023 Kampus UKI Paulus Makassar yang juga memberikan prestasi pemahaman masing-masing prodi dan juga proses administrasi antara lain, WR II DR Sita Yubelina Sabandar (proses administrasi keuangan), WR IV DR Natalia Paranoan (pelaksanaan kerjasama dan Kampus Merdeka Belajar), WR V DR Liberthin Palulungan (Pelaksanaan Litabmas).

Selain itu Sekretaris UKI Paulus memandu kegiatan DR Ir Corvis L Rantererung dan DR Atus Buku, serta seluruh jajaran Akademik UKI Paulus Makassar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini