Diresmikan Oleh Gubernur Jabar, Masjid Raya Al Jabbar Gelar Sholat Jumat Perdana

0
177
Sumber Gambar: KOMPAS.com

Channelindonesia.id – Masjid Raya Al Jabbar Bandung telah diresmikan oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat (Jabar) dan langsung melaksanakan Sholat Jumat perdana, Jumat (30/12/2022).

Dilansir dari detik hikmah, peresmian ini berlangsung mulai dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB dan dibuka secara umum pada pukul 15.30-19.00 WIB.

Melalui akun Instagram resmi Humas Pemda Jabar, panitia telah menyiapkan 3 skema untuk bisa memasuki Masjid Al Jabbar, yaitu melalui Jalan Cimincrang, Jalan Gedebage Selatan, dan Sumarecon.

Selain itu, panitia juga telah menyiapkan lokasi parkir di Stadion Gelora Banding Lautan Api yang juga menjadi shuttle menuju area masjid.

Selain itu, masyarakat umum juga bisa menghadiri peresmian Masjid Al Jabbar selama telah melakukan registrasi melalui aplikasi Sapawarga dan hanya bisa menerima kuota 3 ribu pendaftar.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jabar Gunawan mengatakan, Masjid Raya Al Jabbar ini bisa dimanfaatkan juga menjadi ruang edukasi karena terdapat fasilitas berupa Museum Nabi Muhammad. SAW dan taman tematik.

“Fasilitas di Masjid Al Jabbar ini yang pertama tentunya sarana beribadah, area untuk sholat. Kemudian yang kedua, area untuk pameran. Jadi kita punya museum terkait dengan perkembangan Islam, mulai dari zaman Nabi Muhammad sampai ke Indonesia,” katanya melalui keterangan tertulis, yang di kutip pada Jumat (30/12/2022).

“Ada taman-taman yang memiliki tema. Contohnya, ada taman Nabi Adam, ada taman Nabi Nuh, ada taman Nabi Ibrahim, kemudian ada juga taman Nabi Yunus. Di situ menggambarkan bagaimana kisah-kisah nabi-nabi,” tambahnya.

Gunawan juga menuturkan, masjid dengan kapasitas hingga 33.000 orang ini juga memiliki area untuk lanskap. Area tersebut mengelilingi masjid di luar dari embung atau retensi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini