Meminum Madu Ternyata Ampuh Turunkan Kolesterol dan Gula Darah

0
132
Sumber gambar: Kompas.com

Channelindonesia.id – Penelitian baru saja menemukan manfaat lain dari madu, yaitu bisa menurunkan kolesterol dan gula darah. Akan tetapi, khasiat ini berlaku pada jenis madu tertentu.

Dilansir dari CNN Indonesia, ulasan dan meta-analisis yang dilakukan oleh para peneliti di University of Toronto, Kanada ini telah menguji coba madu sebanyak 18 kali dan dilakukan ke 1000 lebih partisipan yang sehat.

Peneliti menemukan bahwa madu mentah dan madu monofloral memberikan efek yang baik dan bisa menekan masalah kesehatan, seperti diabetes dan kolesterol.

Menurut peneliti, kedua jenis madu ini bisa menurunkan kadar gula darah puasa atau saat perut dalam keadaan kosong, kolesterol total, dan penanda penyakit perlemakan hati.

Madu mentah yang dimaksud adalah madu yang dihasilkan tidak dengan melewati proses pengolahan terlebih dahulu. Jika melalui proses, maka memperlambat granulasi madu yang terjadi secara alami.

Selain itu, madu mentah juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, seperti antioksidan yang bisa berkurang jumlahnya apabila melalui proses pengolahan.

Studi menemukan bahwa madu mentah memiliki efek paling baik pada kadar gula darah puasa.

Sedangkan madu monofloral adalah madu yang diperoleh secara eksklusif dari nektar yang didapatkan lebah dari satu jenis tanaman.

Para peneliti menemukan bahwa madu semanggi (clover honey) dan robinia monofloral dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Clover honey juga ditemukan dapat mengurangi kadar gula darah puasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini