Guru SD Islam Athirah 1 Makassar Ikuti Workshop Pengembangan Media Ajar

0
88

Channelindonesia.id – Guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar diberi pelatihan mendesain media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Canva, Jumat (13/01/23).

Pelatihan ini diadakan di Ruang Guru SD Islam Athirah dan menghadirkan pemateri yang merupakan dosen Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Muhammad Aris, S.Pd M.Pd.

Wakil Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar Bidang IT dan Sarana, Hadiwijaya Hadi, S.Kom.,M.Pd. menjelaskan kegiatan workshop ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi guru terkait media ajar sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan, bermutu dan berkualitas.

“Semoga dengan adanya workshop ini guru-guru mampu membuat dan menghasilkan media ajar yang menarik. Selain itu, workshop ini juga sebagai wadah para mahasiswa Unismuh Jurusan IT untuk mempraktikkan teori yang mereka pelajari di bangku kuliah,” ujarnya.

“Nantinya para mahasiswa ini akan melakukan pendampingan kepada para guru yang ingin terus mengasah skillnya terutama pada penggunaan Canva,” ungkapnya.

Mengingat perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang dengan sangat pesat saat ini, pimpinan SD Islam Athirah 1 Makassar terus mendorong guru-guru untuk memacu diri meningkatkan kompetensi dan keterampilan diri.

Sementara itu, Dwi Azmiyana, S.S.,Gr. Selaku guru Bahasa Inggris juga memberikan pendapat mengenai workshop ini.

“Perkembangan IT dan globalisasi yang yang sangat pesat, guru harus tetap eksis dengan menguasai teknologi yang ada,” ungkapnya.

Dia mengatakan “Teknologi tidak akan menggantikan guru hebat, tetapi teknologi di tangan guru hebat akan transformasional,” yang dikutip dari George Couros.

Pada workshop ini, peserta belajar Bersama membuat slide presentasi, video, flyer, dan lembar kerja peserta didik.

Lebih lanjut, guru yang sering disapa Ms Dwi ini berharap agar pelatihan Canva ini dapat berlangsung secara kontinyu, dan menjadi program rutin bulanan di SD Islam Athirah 1 Makassar.

Pelatihan ini sangat berguna bagi guru-guru untuk membantu dalam pembuatan media pembelajaran, maupun menggunakan canva pendidikan sebagai media pembelajaran yang interaktif bersama siswa.

Karena melalui Canva Pendidikan, guru maupun siswa dapat membuat proyek bersama dengan cara yang menarik. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bersama untuk memajukan dunia pendidikan.(rls)

Penulis : Syahriyanti, S.Pd.,M.Pd., (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini