Jelang Ramadhan, Disdag Makassar Distribusikan 6.000 Paket Operasi Pasar

0
92

Channelindonesia.id – Dalam rangka menjaga pasokan dan stabilisasi harga bahan pangan untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat.

Pemerintah Kota Makassar menggelar operasi pasar sejak awal februari tahun ini. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengintervensi ketersediaan bahan pokok, pengendalian stok dan memonitor penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang berlaku di Kota Makassar.

Kepala Dinas Perdagangan Makassar Arlin Ariesta menjelaskan bahwa pelaksanaan operasi pasar merupakan implementasi strategi 4 K dalam mengendalikan inflasi.

“Strategi pengendalian inflasi yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif merupakan prinsip kami di Dinas Perdagangan Makassar dalam melakukan berbagai kegiatan pengendalian inflasi, termasuk operasi pasar,” tuturnya, Senin (20/02/2023).

Kadisdag Arlin mengungkapkan pelaksanaan operasi pasar kedepannya tidak lagi bersifat tentatif atau sementara.

“Berdasarkan arahan Bapak Walikota Makassar, apa yang kami lakukan melalui operasi pasar khususnya melalui Kontainer Makassar Recover juga menjadi prakondisi untuk membentuk satu pola pengendalian inflasi yang berkelanjutan melalui Tokomoditi yang di gagas pak wali,” Jelas Arlin.

Arlin juga menambahkan bahwa sembako murah merupakan kebutuhan masyarakat yang berkelanjutan yang membutuhkan dukungan berbagai macam pihak.

“Gagasan Tokomoditi bertujuan membangun supply chain atau rantai pasok yang pendek agar masyarakat dengan cepat dapat mengakses kebutuhan pangannya setiap saat,” terang Arlin

“Oleh karena itu, kami berharap selain Bulog, Kejaksaan, Kepolisian, dan Kodim ada banyak stakeholder yang terlibat bekerjasama dengan kami di Pemerintah Kota Makassar agar program ini dapat bermanfaat untuk masyarakat luas,” lanjutnya.

Sementara Kepala Bidang Standarisasi dan Perlindungan Konsumen, Wahyudin Ali Achmad menambahkan pelaksanaan operasi pasar pada hari ini dilakukan di 5 pasar tradisional dan untuk besok akan kembali diadakan di Kontainer Makassar Recover.

“Hari ini kami operasi pasar kami gelar di pasar sentral, terong, sambung jawa, pa’baeng-baeng dan pasar daya dengan jumlah 250 paket. Untuk besok hingga hari kamis di minggu ini, operasi pasar akan kembali digelar di Kontainer Makassar Recover dengan jumlah paket sebanyak 6.000 yang tersebar di seluruh kelurahan,” jelas Wahyudi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini