Fakultas Hukum Unhas Teken Perjanjian Kerjasama dengan AAI Officium Nobile

0
79

Channelindonesia.id – Dalam rangkaian Dies Natalis ke-71, Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH Unhas) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Asosiasi Advokat Indonesia Officium Nobile (disingkat AAI ON).

Pelaksanaan tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani oleh Dekan Fakultas Hukum Unhas (Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H.,M.A.P) dan Ketua AAI ON DPC Makassar (Dr. Metsie T. Kandou, S.H.,M.H)

Penandatanganan berlangsung di Ruang Video Conference, Fakultas Hukum Unhas, Makassar, Senin 13 Februari 2023.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. Dr. Maskun, S.H., LL.M), Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi (Dr. Ratnawati, S.H., M.H), Ketua Klinik Hukum (Dr. Sakka Pati, S.H.,M.H), Ketua Departemen Hukum Internasional (Dr. Birkah Latif, S.H., M.H), Sekretaris Departemen Hukum Acara (Dr. Andi Syawiah, S.H., M.H), Sekretaris Hukum Perdata (Amaliyah S.H., M.H), Sekretaris Departemen Hukum Administrasi Negara (Dr. Andi Bau Inggit, S.H., MH), dan Tim Kerjasama FH UH lainnya.

Adapun rombongan Asosiasi Advokat Indonesia Officium Nobile (AAI ON) yang turut hadir, yakni DPP AAI ON Korwil Sulsel (Dr. Syahrir Cakkari, S.H.,M.H), Dewan Kehormatan AAI ON DPC Makassar (Dr. Hamka Hamzah,S.H.,M.H), Ketua AAI ON DPC Makassar (Dr. Metsie T. Kandou, S.H.,M.H) beserta rombongan AAI ON DPC Makassar.

Ketua AAI ON DPC Makassar, Dr. Metsie T. Kandou, S.H.,M.H., menyampaikan bahwa penandatanganan ini dimaksudkan untuk memulai kolaborasi yang akan dilakukan bersama Fakultas Hukum Unhas untuk melaksanakan kegiatan magang sebagai bagaian program MBKM, kegiatan penelitian bersama, serta terkait dunia industri.

“Kerja sama ini akan dimulai dengan proses seleksi hingga proses magang itu sendiri. Harapan dari kolaborasi ini tentunya dapat berkontribusi terhadap ilmu, kemampuan serta keterampilan mahasiswa magang. Adapun penelitian bersama dan perihal dunia industri akan dikembangkan kemudian,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P., menyambut baik kerja sama yang akan dilakukan bersama Asosiasi Advokat Indonesia Officium Nobile.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan program strategis dalam menyiapkan dan mengembangkan kualitas sumber daya mahasiswa yang unggul dan berdaya saing.

Selain itu, FH Unhas memiliki 5 prodi, 8 departemen, dengan jumlah SDM dengan Guru Besar yang cukup banyak, bahkan dikatakan pemilik Guru Besar terbanyak dari semua Fakultas Hukum yang ada di Indonesia saat ini, yakni 37 Guru Besar.

Tentunya ini sejalan dengan kompetensi dan pengalaman yang beragam dan mumpuni. Potensi inilah yang dapat dioptimalkan dalam penerapan Perjanjian Kerja Sama.

“Dalam perkembangannya, tentu kita akan semakin menghadapi tantangan baru dalam dunia kerja. Hal tersebut sangat diperlukan adanya peran sumber daya manusia yang berkompeten dan ahli dibidangnya untuk dapat memberikan ilmu, kemampuan serta keterampilan kepada mahasiswa. Namun tidak hanya itu, inovasi juga sangat diperlukan untuk mampu beradaptasi dalam pesatnya informasi teknologi yang semakin canggih, seperti kerjasama berbasis kasus antara AAI ON dengan mahasiswa melalui lomba, workshop maupun kegiatan pelatihan, bisa juga antara AAI ON dengan Dosen FH Unhas,” jelas Prof. Hamzah Halim.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar dan hikmat. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi guna membahas implementasi kerja sama yang akan dilaksanakan. (Rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini