311 Taruna Polimarim Dilatih dan Dididik Bela Negara di Markas Rindam XIV Hasanuddin

0
101

Channelindonesia.id – Sebanyak 311 taruna-taruni Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar mengikuti Pendidikan Dasar Bela Negara (Diksar Belneg) tahun akademik 2022-2023.

Kegiatan Diksar Bela Negara ini dipusatkan di markas Resimen Induk Kodam (Rindam) XIV/Hasanuddin, Jalan Poros Malino Km. 14, Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Pembukaan Diksar Bela Negara dilaksanakannya, Senin 13 Maret 2023 dan akan berlangsung selama lima hari hingga Jumat 17 Maret 2023. Sebelumnya taruna-taruna mengikuti pembekalan selama dua hari, Jumat-Sabtu (10-11/3/2023).

Upacara pembukaan Diklat Bela Negara Polimarim AMI dipimpin oleh Wakil Komandan (Wadan) Rindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Mahfud Supriadi. Usai upacara, peserta Diksar Belneg kemudian dibawa ke ruang aula.

Direktur Polimarim Dr H Amrin Rani SE MM MAP hadir memberikan semangat di tempat ini. Didampingi para wakil direktur dan sejumlah kabag, Amrin memberi motivasi kepada para taruna.

”Melalui Diksar ini, kita harapkan para taruna taruni bisa mengetahui jatidiri masing-masing. Mampu lebih mendisiplinkan diri setelah mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

“Jangan cengeng selama mengikuti pendidikan. Kegiatan ini melatih mental, disiplin, dan jiwa kebersamaan. Dengarkan dan ikuti semua perintah pelatih. Semoga angkatan 2023 ini menjadi yang terbaik,” kata Amrin.

Doktor lulusan Universitas Negeri Makassar ini sempat mereview pelaksanakaan Diksar Belneg yang diperuntukkan bagi taruna dan taruni baru Polimarim AMI Makassar.

Lebih jauh, Amrin mengatakan, kegiatan ini mulai dilaksanakan di tahun 2006. Ada beberapa alasan yang mendasari pelaksanaan diksar Bela Negara ini. Mulai dari munculnya aksi teror di laut hingga kasus narkoba di tengah laut.

”Pendidikan ini bertujuan agar taruna taruni sedini mungkin diberikan dasar-dasar untuk menangkal hal-hal yang bisa mengancam keselamatan di atas kapal.”

“Jadi tidak hanya latihan baris berbaris atau aktivitas lainnya di kampus. Mereka bisa memahami lebih jauh arti bela negara dan kecintaan terhadap negara. Ada bekal yang berarti bisa diperoleh,” tandas Amrin.

Untuk itu, Amrin meminta kepada pelatih serta mereka yang terlibat dalam Diksar Belneg ini agar memberikan seluruh ilmu dan keterampilan yang dimilikinya kepada peserta. Sebaliknya, para taruna diharapkan mengikuti pendidikan dengan penuh semangat.

Sebelumnya, Wadan Rindam XIV/Hsn Kolonel Inf Mahfud Supriadi mengatakan, Diksar Belneg akan memberikan berbagai materi kepada para peserta. Dengan cara ini dapat diaplikasikan dan dikembangkan sebaik-baiknya sesuai bidang masing-masing.

”Ikuti semua petunjuk dan instruksi pelatih. Laksanakan sesuai dengan penuh kesadaran, agar dapat berhasil dengan optimal,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Direktur Polimam AMI Makassar yang telah memberikan kepercayaan kepada Rindam XIV/Hasanuddin sebagai tempat untuk membekali para taruna taruni melalui Diklat Belneg. (Rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini