Bersama Persyarikatan FEB Unismuh Makassar, PKM Gelar Kegiatan Kolaborasi di Gowa

0
141

Channelindonesia.id – Kegiatan PKM kolaborasi persyarikatan antara prodi Manajemen dengan MEK PDM Gowa dilaksanakan di Desa Timbuseng Kabupaten Gowa, pada tanggal 20-21 Maret 2023. Kegiatan ini bertema “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Pengolah Nira Aren”.

Kegiatan pembukaan dihadiri langsung Dekan FEB Dr. Andi Jam’an, dalam sambutannya memberi apresiasi dan berharap Desa Timbuseng dapat dijadikan desa binaan Unismuh Makassar.

Turut hadir dalam pembukaan Sekertaris Desa, Ketua BumDES dan BPD Desa Timbuseng. Sedangkan dari persyarikatan diwakili ketua MEK Sugianto Pettanagara, SE., M.Si.

Daam sambutannya, ia mengajak agar Perguruan Tinggi mengambil peran dalam pemberdayaan pengolah Nira Aren karena hal ini merupakan salah satu bagian visi dakwah, agar produksi nira aren terus dilakukan agar dapat meminimalisir penjualan nira aren dalam bentuk tuak beralkhol.

Sedangkan Koordinator PKM Dr. Edi Jusriadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tim PKM ini pembuka jalan untuk selanjutnya akan dikaji persoalan-persoalan yang ada untuk selanjutnya ditindaklanjuti dalam bentuk program, karena untuk dapat maju maka kita tidak perlu bertanding tetapi kita perlu bersanding untuk saling memajukan.

Kegiatan PKM ini dikemas dalam bentuk FGD yang diawali penyampaian kondisi kelompok pengolah nira aren yang ada di Desa Timbuseng.

Selanjutnya gambaran kondisi pengembangan usaha Nira Aren disampaikan Ikbal selaku Ketua BumDES dan Sekertaris Desa, Munawir.

Dalam penyampainnya, ia menjelaskan bahwa kendala utama kelompok pada aspek tingginya biaya produksi dan terbatasnya bahan baku karena masyarakat lebih cenderung menjual nira aren dalam bentuk tuak beralkohol.

Pada kegiatan FGD pandangan/solusi juga disampaikan Dr. Buyung Romadhoni, Aris Pasigai, SE,MM, Dr. Siti Aisyah, dan M.Hidayat,SE,M.M yang dalam pandanganya menyampaikan 3 rekomendasi, yaitu: penguatan kelembagaan, diversifikasi produk turunan, dan pengembangan wisata budaya.

Kegiatan FGD ini dipandu Irfan, SM., M.M dan Andi Reski Amaliah, SE., M.M, yang diikuti 70 peserta dari unsur pimpinan FEB, Dosen Tim PKM, Aparat Desa Timbuseng, BumDES, BPD, pengurus MEK PDM Gowa, Kelompok pengolah Nira Aren, komunitas juang intelektual (KJI), Mahasiswa dan alumni S1 serta S2.

Tindaklanjut dari kegiatan PKM ini akan dikaji oleh tim PKM Bersama pimpinan FEB, inkubator kewirausahaan dan Halal Center Unismuh Makassar dalam merumuskan program pengembangan ekonomi kreatif bagi kelompok pengolah nira aren di Desa Timbuseng.

Citizen Report: Irfan Afandi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini