LAN Nilai Lomba Inovasi Daerah Parepare Terobosan Penting Tingkatkan Kualitas Pelayanan ke Masyarakat

0
107

Channelindonesia.id – Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare 2023.

Lomba Inovasi ini kembali bekerjasama dengan dengan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN Makassar. Presentasi dan wawancara para inovator dilakukan di Puslatbang KMP LAN Makassar.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe bersama Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim, Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad, dan para Kepala SKPD hadir langsung saat pembukaan lomba di Puslatbang KMP LAN Makassar, Jumat, 3 Maret 2023.

Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar, Dr Andi Taufik mengatakan, LAN telah bekerja sama dengan Pemkot Parepare melaksanakan pengembangan inovasi di Parepare sejak 2017, melalui kegiatan pendampingan pengembangan inovasi dan penilaian inovasi melalui Lomba Inovasi Daerah.

“Pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare ini merupakan terobosan penting dalam menciptakan inovasi yang akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Andi Taufik.

Taufik mengemukakan, pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah diharapkan dapat menjadi pendorong untuk memaksimalkan fungsi aparatur menciptakan terobosan atau inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Karena tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah untuk menjalankan pelayanan publik,” tegas Taufik.

Taufik menekankan, inovasi menjadi penting bagi kalangan aparatur pemerintah daerah sebagai jawaban atas tuntutan pelayanan publik yang berkualitas. “Pelayanan publik tidak akan mungkin maksimal kalau hanya berpaku pada pola-pola lama yang konvensional,” ingat Taufik.

Secara khusus Taufik mengingatkan, dalam pengembangan Kota Parepare secara terpadu dan komprehensif diperlukan adanya inovasi-inovasi di antaranya melalui riset dan kajian yang dapat melahirkan gagasan dalam penyelesaian permasalahan pembangunan daerah di Kota Parepare.

Pada lomba kali ini ada 42 inovasi dari 32 SKPD termasuk RSUD, UPTD, Kelurahan dan sekolah lingkup Pemkot Parepare yang ikut berkompetisi. Yang menarik, karena ada lima sekolah SD dan SMP untuk pertama kalinya ikut Lomba Inovasi ini. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini