Tahun Ajaran 2023-2024, SMAS IT Al-Hikmah Amanah Ummah Maros Terapkan Kurikulum Merdeka

0
110

Channelindonesia.id – Untuk meningkatkan mutu satuan pendidikan maka harus berpedoman pada kurikulum. Kurikulum merupakan seperangkat peraturan yang berisi tujuan, isi, dan bahan pelajaran sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Dilansir dari halaman resmi pemerintah, pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id, Surat Edaran No. 0574/H.H3/SK.02.01/2023: Menindaklanjuti Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Satuan pendidikan dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara bertahap sesuai kesiapan masing-masing. Adapun pilihannya yaitu mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi.

SMAS IT Al-Hikmah Amanah Ummah sebagai bagian dari sekolah swasta yang berkomitmen untuk ikut serta memajukan pendidikan Indonesia telah mempersiapkan diri untuk melaksanakan kurikulum merdeka per tahun ajaran baru 2023-2024.

Pengawas bina SMAS IT Al-Hikmah Amanah Ummah Maros Darma S. Lanre, S.Pd, M.Pd. yang berkunjung dalam rangka bimbingan dan arahan mengatakan bahwa implementasi kurikulum merdeka (IKM) sudah bisa dilakukan oleh sekolah ini, karena sumber dayanya sudah tersedia.

Kunjungan yang dilakukan pada hari Kamis 2 Maret 2023 ini merupakan agenda rutin yang dilakukan untuk melakukan pembinaan dan arahan serta memastikan sekolah binaan menjalankan kurikulum yang sesuai. Selain memeriksa dokumen beliau juga melakukan wawancara kepada guru bidang studi.

SMAS IT Al-Hikmah Amanah Ummah Maros yang terletak di jalan garuda BTN Waesabbe II Maccopa Maros tahun ini tengah mempersiapkan diri untuk melaksanakan IKM.

Kepala sekolah SMAS Al-Hikmah Amanah Ummah Maros Andi M. Arif Hidayatullah, S.Pt. M.Si. dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan proses pendaftaran dan sekarang sementara mendalami kurikulum tersebut.

“Agar tahun ajaran baru mendatang kami benar-benar siap menjalankan kurikulum merdeka dengan pilihan mandiri berubah,” jelasnya.

Kegiatan kunjungan Pengawas Bina SMAS IT Al-Hikmah Amanah Ummah Maros tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama.

Citizen Report : Andi M Arif Hidayatullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini