Tular Nalar Sukses Menggelar SK dan ADL di Tana Toraja

0
117

Channelindonesia.id – Tular Nalar, program Mafindo bersama Ma’arif Institute dan Love Frankie menggelar Akademi Digital Lansia (ADL) dan Sekolah Kebangsaan (SK) di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Dua program tersebut didukung oleh google.org.

Sekolah Kebangsaan digelar pada Jumat (17/3/2023) di SMK Negeri 4 Tana Toraja yang dihadiri 101 peserta. Sementara Akademi Digital Lansia digelar pada Sabtu (18/3/2023) di Gereja Jemaat Kasimpo Tana Toraja yang dihadiri 80 orang peserta.

Ketua Mafindo Kota Makassar AF Astrid merasa bersyukur dua program Mafindo tersebut terlaksana dengan baik atas bantuan berbagai pihak seperti KPU Tana Toraja, SMKN 4 Tator dan Gereja Jemaat Kasimpo.

Astrid mengatakan, proses kegiatan berlangsung sekitar dua jam per kegiatan. Materi untuk Sekolah Kebangsaan mengenai kesadaran pemilih pemula agar mereka ingin menggunakan hak pilihnya. Sementara materi untuk Akademi Lansia mengenai keamanan digital untuk lansia.

“Jadi lansia dan pendamping lansia diedukasi untuk memahami data pribadi yang tidak boleh dibagi,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut peserta juga diajari menggunakan tools mengecek fakta Kalimasada, Hoax Buster Tools. Dan juga bisa mengunjungi situs turnbackhoax.id dan cekfakta.com untuk mengetahui fakta dari informasi yang terkadang salah dan sudah beredar di media sosial.

“Saya berharap kegiatan Sekolah Kebangsaan dan Akademi Lansia tidak hanya berhenti di Mafindo saja. Namun bisa dilanjutkan oleh peserta. Dengan cara melatih dan mengedukasi teman-temannya yang lain, yang belum sempat mengikuti dua kegiatan,” ucap Astrid. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini