Jelang Hari Raya Idul Fitri, Kadisdag Makassar Sampaikan Pasokan Bahan Pangan Masih Aman

0
135

Channelindonesia.id – Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar Arlin Ariesta sampaikan pasokan bahan pangan jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M masih aman.

Hanya saja, ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga. Akan tetapi, harganya masih terkendali di dua minggu jelang lebaran ini.

“Pasokan tersedia cuman permintaan pasti meningkat pasti di hari keagamaan. Jadi
terjadi fluktuasi harga,” katanya, Kamis (6/4/2023)

Dia menyebutkan beras mengalami kenaikan yang signifikan. Saat ini dijual hingga Rp12 ribu per kilogram dari sebelumnya berkisar Rp10 ribuan.

“Kalau beras naik, sudah naik sebelumnya itu faktor produksinya. Beras harga medium sampai 12 ribu, kalau dulunya 10 ribu,” jelasnya.

Penyebab seiring permintaan yang mengalami tinggi jelang hari besar keagamaan. Termasuk naiknya harga pembelian gabah di tingkat petani.

“Gabah petani harganya naik, kalau minyak goreng tetap harganya,” jelasnya.

Komoditi lain yang mengalami kenaikan harga cabai. Sedangkan minyak goreng, terpantau masih stabil.

Arlin menambahkan, Disdag Makassar tengah mempersiapkan program sebagai langkah antisipasi melonjaknya harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasaran. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar dan pasar mudah.

“Permintaan konsumen tentu meningkat, jadi ada fluktuasi harga. Kita siapkan intervensi pasar dan mendorong kelancaran distribusi dari daerah pemasok,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini