Gandeng Perusahaan Pelayaran Seacon Shipping Group, Polimarim AMI Buka Kelas Khusus Kerjasama

0
125

Channelindonesia.id – Perusahaan pelayaran asal China yang berkantor di Beijing, Seacon Shipping Group Holding Limited membuka kelas kerjasama di kampus Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim).

Kelas kerja sama antara Seacon Shipping Group dan Polimarim tersebut tertuang dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Terkait kelas kerja sama itu, Mr Man Hangjian, perwakilan Seacon Shipping Group Indonesia hadir langsung ke kampus Polimarim AMI, Kamis 27 April 2023.

“Kami saat ini tengah mencari pelaut-pelaut dari Indonesia. Untuk itu saya datang ke kampus-kampus (diklat) pelaut,” kata Man Hangjian, di Aula Kampus Polimarim.

“Termasuk di kampus ini (Polimarim). Kami juga membuka kelas kerja sama untuk memenuhi kebutuhan kapal-kapal Seacon Shipping,” jelasnya.

Kedatangan Mr Man Hangjian ke Polimarim AMI didampingi Gatot Subroto SE MM ATT-II, salah seorang alumni Polimarim yang kini bekerja di Seacon Shipping Group.

Salah satu isi nota kesepahaman, Polimarim AMI menyelenggarakan pembukaan dua kelas kerja sama untuk memenuhi kebutuhan tenaga pelaut untuk Seacon Shipping Group.

Dua kelas kerjasama itu terdiri atas taruna-taruni terpilih dari Program Studi (Prodi) D3 Permesinan kapal dan D3 Studi Nautika.

Taruna-taruni itu, nantinya akan diseleksi lagi oleh Seacon Shipping Group untuk menjadi taruna yang praktik laut atau kadet di kapal miliknya. Dalam proses pendidikan, Seacon Shipping bakal turut memberikan pendidikan.

Jika dalam proses praktik laut, kemudian memenuhi persyaratan, kadet Polimarim bakal langsung direkrut sebagai pelaut di kapal-kapal yang dioperasikan Seacon Shipping Group.

Direktur Polimarim AMI Dr H Amrin SE ST MM MAP mengatakan, pihaknya sangat bangga pihak Seacon Shipping memilih kampus yang dipimpinnya untuk membuat dua kelas kerja sama.

“Sebuah kebanggaan kampus Polimarim AMI Makassar dipercaya oleh perusahaan sekelas, Seacon Shipping untuk membuka 2 kelas kerja sama khusus,” ujarnya.

“Jadi nanti kami akan menyeleksi taruna-taruni dari Nautika dan Permesinan Kapal untuk ditempatkan di kelas khusus. Taruna ini nanti yang akan mengisi kebutuhan pelaut di Seacon Shipping,” lanjut Amrin.

Lebih lanjut, Amrin mengatakan, kelas khusus tersebut bakal diisi dengan taruna-taruni terpilih yang punya kemampuan sesuai standar. Seperti kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan akademik.

Pada kesempatan itu, Amrin juga berbangga karena Gatot Subroto yang menemani Mr Man Hangjian adalah alumni Polimarim yang bekerja beberapa tahun di Seacon Shipping Group.

“Mewakili civitas akademika Polimarim, saya juga turut berbangga karena alumni kita, Dinda Gatot Subroto menjadi orang kepercayaan di Seacon Shipping Group,” lanjutnya.

“Bahkan berkat support dan kontribusinya dalam meyakinkan perusahaan Seacon Shipping Group untuk membuka kelas kerja sama di Polimarim,” kata Amrin.

Untuk satu kelas, bakal diisi sekitar 20-an taruna saja. Sedangkan jika nanti sudah direkrut pihak Seacon Shipping, akan dikontrak hingga durasi 10 tahun.

Tentang Seacon Shipping

Seacon Shipping Group merupakan Perusahaan pelayaran nomor 5 terbesar di dunia. Perusahaan ini penyedia jasa pengiriman terintegrasi yang berkantor pusat di Tiongkok.

Seacon Shipping menyediakan jasa pengiriman maritim dan penyediaan manajemen kapal di seluruh dunia.

Menurut Laporan F&S, Seacon Shipping menempati peringkat pertama di antara penyedia layanan pengelolaan kapal yang berkantor pusat di RRC dalam hal jumlah kapal milik pihak ketiga yang dikelola pada tahun 2021.

Seacon Shipping mengontrol kapal dengan kapasitas angkut mencapai 1,26 juta DWT untuk seluruh kendali armada kapal dan sekitar 1,15 juta DWT untuk armada kapal curah kering untuk pelayaran internasional rute tahun 2021.

Sebagai pengakuan atas kualitas layanan, Seacon Shipping telah dianugerahi “Perusahaan Manajemen Kapal Paling Populer” tahun 2018 dan “Penghargaan Keunggulan Layanan Kapal dan Layanan Kru 2021”.

Seacon Shipping juga dianugerahi “Perusahaan Pelayaran Terbaik 2021” oleh Komite Penyelenggara China Zhenghe Sailing Awards pada tahun 2022. Dan mempertahankan akreditasi GB/T 19001–2016/ISO 9001: 2015 untuk sistem manajemen mutu sejak 2017.

Per 30 September 2022, Seacon Shipping mengelola total 206 kapal, 179 di antaranya adalah kapal milik pihak ketiga.

Kapal-kapal yang dikelola terdiri dari berbagai jenis dan ukuran yang terdaftar di bawah bendera negara pusat pelayaran global utama seperti Singapura, Hong
Kong, RRC, Panama, Kepulauan Marshall, dan Liberia.

Seacon Shipping juga bergerak dalam layanan pengawasan pembuatan kapal. Hal itu dibuktikan dalam pembangunan 100 lebih kapal baru untuk berbagai jenis, termasuk kapal curah, kapal kontainer, kapal serbaguna, kapal tanker minyak, kapal tanker kimia, dan kapal teknik kelautan.

Penerimaan Taruna Baru

Saat ini, Polimarim AMI tengah membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2023-2024 melalui link sislekcatar.polimarim.online.

Polimarim mengelola tujuh program studi. Yakni prodi D3 Studi Nautika, D3 Permesinan Kapal, D3 Manajemen Pelabuhan, D3 Manajemen Logistik, D4 Transportasi Laut, D4 Bisnis & Logistik Maritim, D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal.

Prodi D3 yang dikelola Polimarim bergelar ahli madya transportasi, lalu prodi D4 merupakan jenjang pendidikan program sarjana terapan dengan gelar sarjana terapan transportasi atau STr Tra.

Kampus Polimarim AMI merupakan perguruan tinggi vokasi yang dinaungi dua kementerian Republik Indonesia.

Yakni, Ditjen Perhubungan Laut (Perla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Polimarim sebelumnya bernama AMI Veteran Makassar yang berdiri 1 September 1963. Kemudian kampus pencetak tenaga kepelautan ini berubah secara kelembagaan dari akademi menjadi politeknik pada tahun 2016.

Perubahan bentuk dari akademi menjadi Politeknik Maritim AMI Makassar berlaku sejak terbitnya SK dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) bernomor 128/KPT/I/2016.

Dahulunya, perguruan tinggi AMI Veteran Makassar beralamat di Jl Gunung Latimojong. Kemudian kampus berpindah ke Jalan Nuri Baru No 1, Mamajang, Makassar, pada awal 2000-an.

Polimarim AMI diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Karya Dharma disingkat YPTKD berkedudukan di Kota Makassar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini