Hadirkan Alumni, Fakultas Hukum Unhas Gelar Alumni Session dalam Rangka Dies Natalis ke-71

0
111

Channelindonesia.id – Semarak Dies Natalis Fakultas Hukum (FH) Unhas ke-71, alumni turut mengambil bagian membagikan ilmu dan pengalaman dalam acara Alumni Session.

Alumni yang hadir sebagai Narasumber yaitu Prof. Dr. Surya Jaya, SH., M.Hum. Hakim Agung Republik Indonesia dan Muhammad Takdir, S.H., LL.M. Kepala Pusat Kajian Strategis Asia Pasifik.

Acara yang berlangsung pada Senin 17 April 2023 tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H.,M.H.,M.A.P.

Kegiatan dimulai dengan sesi pertama narasumber oleh Muhammad Takdir, S.H., LL.M. yang dipandu oleh Dr. Hijrah Adhyanti Mirzana, S.H., M.H. selaku Moderator kemudian menyampaikan beberapa isu strategis yang menjadi potensi serta acuan dalam ruang hukum internasional.

Pada praktiknya, banyak persoalan yang perlu menjadi perhatian dalam mempersiapkan diri khususnya menjadi seorang alumni.

Narasumber pertama menyampaikan rekomendasi antara lain: (1) Menguatkan studi hukum pada kajian strategis aspek ekonomi, (2) Melakukan peningkatan pusat studi hukum internasional dan sinergis kepada hukum nasional, dan (3) Melibatkan praktisi hukum dalam penyusunan kurikulum studi ilmu hukum.

Sesi selanjutnya oleh Prof. Dr. Surya Jaya, S.H., M.Hum. sebagai Hakim Agung Republik Indonesia menyampaikan karakter alumni fakultas hukum yang handal dalam menciptakan ruang akademis pada jamannya.

Narasumber kedua menganggap bahwa banyaknya catatan penting yang harus difokuskan kepada peningkatan ruang-ruang akademis seperti kajian hukum agar memantik nalar hukum di fakultas hukum.

Kedua alumni Fakultas Hukum Unhas angkatan 85 dan angkatan 87 tersebut ttelah malang melintang di kancah Nasional dan Internasional.

Narasumber yang mengisi materi secara daring melalui Zoom Meeting tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Alumni Session ini.

“Alumni Fakultas Hukum Unhas harus lebih mempersiapkan diri agar lebih kritis dalam konsentrasi utama. Hidupkan ruang-ruang diskusi yang dapat meningkatkan studi hukum dalam mengikuti perkembangan zaman,” ungkap Prof Surya Jaya.

Serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Panitia Dies Natalis Ke-71 Fakultas Hukum Unhas merupakan upaya aktif dalam meningkatan sinergitas penegakan hukum sesuai dengan tema yang diangkat pada kegiatan Alumni Session pada hari ini.

Citizen Report: M Aris Munandar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini