Jemaah An-Nadzir Gowa Rayakan Lebaran di Masjid Baitul Muqaddis pada 21 April

0
111

Channelindonesia.id – Jemaah An-Nadzir gowa melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah di Masjid Baitul Muqaddis Pondok An-Nadzir, Jumat (21/04/2023).

Aturan yang ditetapkan bahwa jemaah perempuan berada di dalam masjid sedangkan jemaah laki-laki berada di halaman mesjid. Shalat Idul Fitri dimulai pada pukul 07.15 WITA dengan khotib Ustadz M. Samiruddin Pademmui selaku pimpinan jemaah An-Nadzir.

Khotbah yang disampaikan menyangkut ceramah pada umumnya yaitu melepas bulan suci ramdhan kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengapa jemaah tersebut melaksanakan hari raya idul fitri hari ini.

“Gerhana matahari hibrid yang terjadi kemarin sekitar pukul 12.15 WITA kemudian menjadi pertanda pergantian bulan puasa dan di tandai dengan masuknya 1 syawal dan diharamkan pula berpuasa full sampai maghrib jadi setengah hari saja,” ucap Samiruddin di sela ceramahnya.

Samiruddin juga mengatakan bahwa seorang ulama bernama KH Syamsuri Abdul Madjid menggelar tabligh akbar di Sulawesi Selatan pada tahun 1998. Nah, kedatangannya tersebut mendapat simpati sehingga banyak pengikutnya, maksudnya jemaah An-Nadzir.

Menariknya, jemaah An-Nadzir tersebut yaitu dari segi pakaiannya dimana mereka memakai pakaian yang dominan warna hitam dan ditandai dengan peci lancip.

Tidak lupa ciri khas yang mereka miliki yaitu bagi laki-laki rambut pirang dan memakai celak sedangkan bagi perempuan menggunakan cadar penutup muka dan jilbab besar.

“kita mengikuti ajaran Rasulullah dan yang dia lakukan termasuk memanjangkan rambut dan berwarna pirang,” tutur salah satu jemaah.

Setelah rangkaian sholat idul fitri selesai, mereka pun kemudian saling berjabat tangan meminta maaf antar satu dengan yang lainnya tapi dengan cara berbaris yang kemudian dipimpin oleh ustadz Samiruddin.

Citizen Reporter : Hajratul Aswad Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini