Sekolah Islam Al-Hikmah Maros Gelar Itikaf di 10 Malam Terakhir Ramadhan

0
444

Channelindonesia.id – Rasulullah SAW memiliki kebiasaan untuk melaksanakan i’tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Sebagaimana dikatakan dalam hadits dari Aisyah r.a.: “Bahwasanya Nabi SAW beri’tikaf pada sepuluh malam terakhir bulan ramadhan sampai beliau dipanggil Allah Azza wa Jalla, kemudian istri-istri beliau (meneruskan) beri’tikaf setelah beliau wafat.” (HR Muslim).

I’tikaf yang dilakukan pada 10 malam terakhir Ramadhan bisa diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih keistimewaan lailatul qadar.

Sekolah islam terpadu Al-Hikmah Maros sebagai sekolah swasta yang memiliki program-program keagamaan yang salah satunya adalah i’tikaf yang diselenggarakan setiap tahun pada hari ke 20 ramadhan selama 3 hari dimulai pada Selasa 11 – 13 April 2023. 

Kegiatan i’tikaf yang dilakukan oleh SMP IT dan SMAS IT merupakan implementasi program Ramadhan Andalan Mengaji (RAM), karena salah satu kegiatan i’tikaf adalah penguatan dan peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa.

Selain itu, kegiatan yang lainnya dalam acara i’tikaf ini adalah materi fiqih shalat, fiqih perempuan serta games pengetahuan islam.

I’tikaf yang diikuti oleh ratusan siswa SMP IT dan SMAS IT Al-Hikmah Maros dilaksanakan di Masjid Jami’ Nurul Iman Bulu-bulu Kecamatan Mandai Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. 

“Alhamdulillah, kegiatan ini kembali terlaksana pada Ramadhan tahun ini, semoga kegiatan yang sudah disiapkan sejak awal tahun ajar baru ini dapat benar-benar memberikan efek pada peningkatan nilai-nilai keagamaan bagi para siswa,” ujar Andi M Arif Hidayatullah selaku kepala SMAS IT Al-Hikmah Maros, Rabu 12 April 2023.

“Ramadhan adalah momentum perbaikan diri dan peningkatan kualitas diri” sambung Muti’ah Hafidzh selaku kepala SMP IT Al-Hikmah Maros yang juga ikut mendampingi kegiatan i’tikaf ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa tema kegiatan i’tikaf ini yaitu Amalkan Sunnah Rasul, Sempurnakan Ramadhan dengan I’tikaf.

“Harapannya kegiatan i’tikaf ini menjadi rutinitas di akhir-akhir ramadhan siswa kami,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini