Spensix Makassar: Sekolah Sarang Prestasi, Kepsek Munir Super Inovasi

0
152

Channelindonesia.id – SMP Negeri 6 (Spensix) Makassar, selalu menjadi buah bibir yang diperbincangkan didalam dunia pendidikan. Tokoh-tokoh penting pun banyak dilahirkan dari sekolah ini.

Hal itu tentu tidak lepas dari peran penting tenaga pendidik yang berhasil memaknai Amanat UUD “Mencerdaskan Kehidupan bangsa”.

Berbagai inovasi yang diciptakan Kepsek Spensix Makassar, Munir terus menunjukkan aksi nyata. Di tangan dinginnya, lewat program Maju dengan Asesmen Tanpa Soal (MATASA) Kepsek bergelar doktor ini sukses membuat terobosan dan peningkatan kapasitas anak didik.

Bukan tanpa dasar, penilaian ini nyata adanya. Sebab hadirnya MATASA program yang digagas Munir ini terbukti dengan laporan pendidikan tahun 2021-2022 mengalami peningkatan mutu.

Saat diwawancarai, Munir mengungkapkan, MATASA ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa secara mendalam, karena menurutnya ujian pada umumnya membuat beberapa siswa menjadi stres, gelisah bahkan terjadi kegiatan menyimpang seperti mencontek bahkan ada yang mengabaikan.

“Bukan semata-mata kami buat gagasan baru seperti ini, tapi ada 3 aspek penilaian yang mewakili 3 soal, aspek penilaiaan itu adalah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Jadi anak-anak kami bisa lebih paham betul, untuk apa, bagaimama, dan manfaat serta implementasinya apa,” ujarnya, Rabu 12 April 2023.

“MATASA ini, sudah tiga tahun berjalan, ini mi juga patokan ta dari Kurikulum Merdeka, sekaligus kami Implementasikan,” tambah Kepala Sekolah berlatar belakang Pendidikan Agama ini.

Perlu diketahui, MATASA berasal dari kata Bugis, yang berarti buah yang matang. Adapun tujuan dari MATASA, yaitu siswa lebih mampu berfikir mandiri, siswa mampu berfikir lebih kritis dan membangun kepercayaan diri siswa dan guru pengampuh dapat lebih mendalam menilai anak didik.

“Tapi kami janji, bukan hanya MATASA saja, untuk Pendidikan kami akan terus berbuat dan bekerja menciptakan Inovasi bahkan Superinovasi, semua ini untuk kehidupan Bangsa, terutama untuk Makassar 2 Kali lebih baik pendidikannya dan Sulawesi Selatan yang kita harapkan Semakin Tambah Baik lagi,” tutup Munir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini