Perluas Kerjasama, SMK SMTI Makassar Gelar Temu Mitra Industri dan Alumni Wilayah Jawa Timur

0
111

Channelindonesia.id – Dalam upaya memaksimalkan keterserapan calon lulusan ataupun lulusan sebagai calon tenaga kerja di industri, SMK SMTI Makassar tidak berhenti memperluas jalinan kerjasama dengan berbagai mitra industri nasional dan multinasional.

Terbukti, pada Selasa, 9 Mei 2023, SMK SMTI Makassar menggelar kegiatan sarasehan dengan merangkul berbagai mitra industri yang bergerak di bidang kimia hulu, QC/QA manufaktur material, produsen food & beverages serta industri kreatif.

Acara sarasehan ini merupakan upaya peningkatan kerjasama antara dunia industri dengan SMK SMTI Makassar.

Melalui sarasehan tersebut para perwakilan dari mitra industri dapat berdiskusi dan berkolaborasi dengan tim SMK SMTI Makassar dalam mengidentifikasi kebutuhan SDM di industri, trend terkini dan peluang kerjasama dalam hal riset, pengembangan produk, atau pelatihan tenaga kerja.

Dengan begitu, SMK SMTI Makassar dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha serta dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh alumni SMK SMTI Makassar.

Turut hadir memberikan sambutan melalui virtual Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPPVI) Kementerian Perindustrian, Emmy Suryandi, ST, MTM.

Dalam rangkaian acara tersebut terdapat dua materi yang disampaikan oleh narasumber Baso Alim Bahri, S.Psi, M.Adm SDA praktisi dari PT Charoen Pokphand Indonesia Makassar dan narasumber dari Yayasan Prakarsa Bina Bangsa.

Kegiatan sarasehan temu industri dan temu alumni diselenggarakan di Hotel Ibis Style Jemursari Surabaya dengan mengangkat tema “Shapping Career Opportunities Toward Industrial Needs in East Java”.

Jumlah mitra industri yang hadir sebanyak 13 perusahaan dari berbagai bidang yaitu PT Charoen Pokphand Indonesia – Premix Plant; PT. Sinar Sosro; PT. Charoen Pokphand Indonesia – Animal Feedmil; PT. Saraswanti Anugerah Makmur; PT. Unilever, Tbk; Yayasan Prakarsa Bina Bangsa; PT. Spindo; PT. Charoen Pokphand Indonesia; PT. Santos Jaya Abadi; PT. Sumber Arta Lumbung Sejahtera; PT. Dupan Anugerah Lestari; PT. Memorandum Multimedia Sejahtera; dan PT. Arjuna Utama Kimia (Aruki).

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan temu ramah alumni yang tersebar di seluruh daerah Jawa Timur. Tujuan utama digelarnya kegiatan ini sebagai wadah untuk menjalin hubungan antara institusi pendidikan SMK SMTI Makassar dengan dunia industri dan alumni.

“Acara ini bertujuan sebagai wadah sharing knowledge dan pengalaman antara dunia industri dan alumni, sehingga para perwakilan dari dunia industri dapat berbagi pengalaman dalam menghadapi tantangan dan peluang di industri, sementara alumni dapat berbagi pengalaman dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus dari SMK SMTI Makassar, diharapkan dapat memberi bermanfaat untuk ketiga pihak, mitra industri, alumni dan SMK SMTI Makassar,” ujar Basri Nur selaku Kepala SMK SMTI Makassar.

Citizen Report: Aguslimawati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini