Rangkaian Dies Natalis ke-71, Ketua LPSK Beri Kuliah Umum di Fakultas Hukum Unhas

0
105

Channelindonesia.id – Hubungan antara pelaku tindak pidana kejahatan dan korbannya merupakan dua hal yang tidak terpisahkan, oleh sebab itu sanksi yang dikenakan dalam konteks hukum pidana secara realitas harus ditujukan untuk mengembalikan keseimbangan “magis” bagi pihak korban yang terganggu oleh perbuatan melawan hukum. Termasuk, pentingnya melindungi kepentingan para saksi dan korban tindak pidana.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Drs. Hasto Atmojo Suroyo, M.Krim, di kegiatan Kuliah Umum yang digelar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kuliah umum tersebut berlangsung di ruang promosi doktor Fakultas Hukum Unhas dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P.

Dalam sambutannya, Dekan mengharapkan kegiatan ini bukan hanya menjadi kolaborasi pertama dan terakhir tetapi merupakan awal untuk terus bersinergi.

“Terima kasih atas kedatangan ketua LPSK bersama rombongan. Semoga ini menjadi momen awal untuk senantiasa berkolaborasi. Ada ruang-ruang kolaborasi melalui MBKM, semoga nanti juga akan ada KKN di LPSK oleh Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas,” ujarnya yang disambut tepuk tangan meriah peserta kuliah umum yang hadir.

Dalam paparan materinya, Ketua LPSK menyampaikan kuliah umum dengan judul “Tugas, Fungsi, dan Wewenang Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban”.

Mantan Dekan Fakutas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Nasional ini memaparkan bahwa tujuan dibentuknya LPSK untuk memberikan rasa aman kepada saksi dan/atau korban dalam memberikan keterangan pada setiap proses peradilan pidana.

Selain itu, kata Hasto Atmojo, juga karena banyak saksi yang takut karena ancaman intimidasi. Oleh karena itu LPSK hadir untuk memberikan perlindungan.

Kegiatan kuliah umum ini dihadiri 500 orang peserta secara hybrid luring di ruang promosi doktor Fakultas Hukum Unhas, dan melalui aplikasi zoom. Kegiatan kuliah umum ini masih merupakan rangkaian kuliah umum series dies natalis ke-71 Fakultas Hukum Unhas yang pada tahun ini mengusung tema berintegritas, unggul, dan kolaboratif.

Citizen Report: M Aris Munandar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini