SMK SMTI Makassar Jadi Tuan Rumah Workshop Tour FEBYS

0
204

Channelindonesia.id – SMK SMTI Makassar menggelar acara bergengsi yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Riset Indonesia bekerjasama dengan US Consulate General Surabaya, Science Hunter Indonesia beserta Prakarsa Lab. Makassar merupakan kota pertama diselenggarakan kegiatan ini.

SMK SMTI Makassar menjadi tuan rumah pelaksanaan workshop tour pertama. Workshop ini telah diselenggarakan pada Sabtu, 6 Mei 2023 di ruang aula SMK SMTI Makassar.

Kegiatan yang bertajuk From East to Be the Best Young Scientist (FEBYS) merupakan program workshop keilmiahan untuk mencetak 1000 peneliti muda dari timur nusantara dimulai dari workshop keilmiahan online yang memiliki output beberapa ide terbaik dari para peserta siswa-siswi di Indonesia.

Kemudian, dilanjutkan dengan implementasi proyek dari ide terbaik yang mendapatkan pendanaan disertai dengan pelatihan dan pendampingan kemudian fase terakhir berupa workshop secara offline yang sedang diselenggarakan di tujuh kota se- Indonesia yaitu Lamongan, Jember, Surabaya, Pasuruan, Bangkalan, Malang dan Makassar.

Goals dari pelaksanaan program ini adalah untuk meningkatkan mindset riset, kreativitas dan inovasi untuk menciptakan para peneliti gen-Z dari timur Indonesia dan menguatkan jaringan antar pelajar dalam program-program inovasi dan penelitian.

Workshop yang diselenggarakan di SMK SMTI Makassar diikuti oleh 130 orang siswa dari SMP/MTsN dan SMK/SMA sederajat.

Peserta terdiri atas 34 peserta SMP, 96 peserta SMK/SMA yang berasal dari 24 sekolah yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Esti Durahsanti selaku Cultural Affairs Specialist U.S. Consulate General Surabaya dan Setyoko Pramono, SS, MM mewakili Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi BPSDMI Kementerian Perindustrian.

Adapun rangkaian kegiatan pada acara FEBYS#2 ini secara umum adalah Research Games, Research Idea Map, Show Off Gagasan Penilitian dan Awarding Best Idea.

Peserta dari SMK-SMTI Makassar mendapatkan Beasiswa Research sebesar Rp7,5 juta dan mentoring ekslusif selama 3 bulan oleh Science Hunter Indonesia.

SMTI Science Club Level nasional, meraih Top 12 Finalist (Virtual Research Camp FEBYS) dengan karya “SMTI Smart Eco Agriculture”, bersaing di tujuh Kota Indonesia Timur dengan jumlah 660 Peneliti Muda Level Sekolah Menengah Atas dan sederajat.

Selain itu, di acara From East to Be the Best Young Scientist (FEBYS), siswa SMK SMTI Makaassar juga meraih best idea kategori grup dan juga terdapat siswa yang menjadi the best participant.

“Diharapkan pada kegiatan ini dapat meningkatkan pengembangan penelitian dari hulu ke hilir sehingga menghasilkan inovasi yang bertaraf internasional,” ujar pihak SMK SMTI Makassar.

Citizen Report: Aguslimawati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini