KORMI Sulsel Utus 30 Cabang Induk Olahraga di FORNAS 2023, Salah satunya Persejasi

0
288

Channelindonesia.id – Komite Olahraga Masyarakat Indonesia yang disingkat KORMI di awal Juli 2023 ini melaksanakan Forum Olahraga Masyarakat Indonesia (FORNAS) VII di Bandung. Kegiatan ini diikuti 88 cabang induk olahraga.

Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) adalah lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga (Inorga) rekreasi di Indonesia.

Olahraga rekreasi adalah salah satu jenis olahraga yang diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Dalam UU tersebut, sistem keolahragaan nasional dibagi menjadi olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi. Atlet olahraga rekreasi sering disebut sebagai pegiat olahraga.

Wadah KORMI ini adalah fokus pada olaharaga masyarakat, yang tidak mementingkan prestasi dan kejuaraan namun berorientasi pada pembinaan kesehatan masyarakat.

Fornas 2023 sendiri melibatkan kurang lebih 25 ribu orang dan 88 induk organisasi olahraga. Ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga petualangan, serta olahraga tradisional dan kebudayaan, dengan 352 nomor pertandingan

Khusus untuk KORMI Sulsel, mengirimkan kurang lebih 30 Cabang Inorga, acara berlangsung dari tanggal 2 sampai 9 Juli 2023 di Bandung Jawa Barat.

Salah satu cabang Inorga yang paling favorit adalah Persatuan Sepak Bola Berjalan Indonesia disingkat Persejasi.

“Jenis permainan bola yang sama dengan permainan bola pada umumnya namun perserta tidak boleh berlari, harus berjalan kaki, dan tendangan bola tidak boleh melayang diatas 1 meter,” ujar Hamzah, salah satu perserta Perserjasi asal Pinrang, Kamis 6 Juli 2023.

Untuk Persejasi Sulsel, mengirimkan peserta yang berasal dari Persejasi Cabang Makassar, Gowa, Pinrang, Enrekang, Jeneponto dan pengurus Provinsi Sulsel.

Alhasil, tim Persejasi Sulsel sukses membawa medali perunggu, dan salah satu strikernya meraih top skor, dengan hasil 12 gol. Tentunya ini hasil yang menggembirakan.

Selain kegiatan di Fornas ini, Persejasi juga sukses mengikuti event internasional di lapangan Toa Payoh Stadium Singapore pada bulan Maret Kemarin tepatnya tanggal 19-20 Maret 2023, dimana pada event ini mempertemukan tim sepak bola berjalan dari Indonesia, Malaysia, Singapore dan Inggris.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini