Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SMP IT Al-Hikmah Amanah Ummah Gelar Pemilu OSIS 2023

0
78

Channelindonesia.id – Demokrasi adalah suatu bentuk  pemerintahan di mana rakyat atau warga negara menjalankan kekuasaan politik baik secara langsung atau melalui wakil-wakil terpilih.

Istilah “demokrasi” berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu “demos” yang berarti “rakyat” dan “kratos” yang berarti “kekuasaan” atau “pemerintahan”.

Dalam sistem demokrasi, warga negara mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan politik melalui pemilu, referendum dan mekanisme partisipatif lainnya.

Prinsip dasar demokrasi adalah kedaulatan rakyat, dan politik dilaksanakan menurut kehendak mayoritas dengan tetap menghormati hak-hak minoritas.

Hal yang paling banyak menjadi perbincangan pada tahun ini adalah momentum pemilihan anggota DPRD sampai DPR RI serta pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Keikutsertaan remaja menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena banyak anggapan remaja sekarang tidak terlalu peduli dengan pemilu 5 tahunan ini. 

Dalam kurikulum merdeka satu hal yang membedakan pada kurikulum-kurikulum lain sebelumnya yaitu proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yang pada kurikulum sebelumnya tidak ada.

SMP IT dan SMAS IT Al-Hikmah Amanah Ummah Maros yang sudah menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ini merancang beberapa proyek salah satu tema yang diangkat adalah suara demokrasi.

Tema suara demokrasi dipilih untuk memperkenalkan proses pemilu mulai dari pembentukan panitia pemilu, perencanaan pemilu, pelaksanaan pemilu dan evaluasi pemilu.

Kepala sekolah SMP IT Al-Hikmah Amanah Ummah, Rahmawati, S.Pd. mengatakan bahwa suara demokrasi dipilih untuk memberikan gambar bagaimana proses demokrasi di Indonesia melalui kegiatan pemilu OSIS.

“Selain itu kegiatan ini juga dapat memberikan daya tarik bagi siswa agar kedepannya mau menggunakan hak pilihnya pada pemilu 5 tahunan yang akan berlangsung tahun depan,” tambahnya.

Kepala Sekolah SMP IT Al-Hikmah Amanah Ummah juga mengucapkan selamat kepada seluruh kandidat yang telah mencalonkan diri menjadi ketua dan wakil ketua OSIS.

Dalam pelaksanaan proyek suara demokrasi ini ada banyak aspek penilaian yang dapat diambil salah satunya adalah kerja tim.

Andi M Arif Hidayatullah, S.Pt. M.Si. selaku kepala SMAS IT Al-Hikmah Amanah Ummah Maros mengatakan, salah satu aspek penilaian yang penting dalam kegiatan ini adalah kerjasama tim, agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan sistematis.

Puncak acara kegiatan suara demokrasi “Pemilu OSIS” dilaksanakan pada Jumat, 8 September 2023, berlangsung di gedung SIT Al-Hikmah Maros.

Pemilu OSIS yang diikuti oleh 4 pasang kandidat ini sangat antusias terlihat dari para masing-masing pendukungnya, hal ini terbukti dari teriakan-teriakan pada saat perhitungan suara.

Perolehan suara dua pasang calon yang begitu ketat membuat perhitungan suara semakin meriah layaknya perhitungan pilpres. Akumulasi dari 3 TPS memenangkan pasangan calon no urut 4 atas nama Alifa Inas Amira Putri Habibi dan Adinda Ratu. 

Kegiatan yang berlangsung dengan tertib dan aman ini diakhiri dengan foto bersama panitia penyelenggara.

Citizen Report: Andi M Arif Hidayatullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini